Sebagai upaya meningkatkan mutu dan kemampuan mengelola sumber daya, program studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sebelas Maret Surakarta mengadakan kuliah pakar dengan topik “Strategi Penulisan Artikel Ilmiah agar Mampu Menembus Jurnal Internasional Bereputasi”. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 16 November 2018 pukul 13.00 WIB di ruang aula lantai VI Gedung Pascasarjana UNS yang berlokasi di Jl. Ir. Sutami No. 36, Kentingan, Jebres, Surakarta. Acara dihadiri oleh kepala program studi, dosen, dan mahasiswa S2 PGSD UNS. Kuliah pakar dibuka dan dipimpin oleh Kepala Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Dr. Riyadi, M. Si.

Acara tersebut menghadirkan Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd. salah satu dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai narasumber yang telah berpengalaman dalam kegiatan penulisan artikel ilmiah dan jurnal internasional. Hal ini terbukti dengan puluhan publikasi ilmiah dan telah melakukan belasan penelitian yang berhasil terbit di jurnal-jurnal bereputasi. Sehingga terbentuk tukar pikiran dan diskusi pengalaman oleh narasumber dalam menulis artikel ilmiah pada jurnal internasional yang bereputasi kepada mahasiswa magister PGSD UNS sebagai bekal dalam penelitian untuk studi maupun penelitian-penelitian selanjutnya.

Kesiapan lebih dini oleh mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan akan sangat menentukan keefektifan proses perkuliahan. Sehubungan dengan itu, perkuliahan umum dalam rangka perkuliahan pakar dalam negeri merupakan kegiatan yang penting sebagai upaya membuka wawasan mahasiswa untuk mengenali dan memahami sistem yang berlaku di program pascasarjana dalam menempuh studi serta berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai kesuksesan belajar studi.

Harapan program studi terhadap kemampuan mahasiswa S2 PGSD untuk berkarya dengan mencetak artikel ilmiah maupun jurnal internasional yang bereputasi tentu perlu diiringi dengan bekal yang optimal. Sehingga program studi S2 PGSD UNS terus konsisten mengadakan kegiatankegiatan yang mendukung pengembangan kemampuan mahasiswa dalam keberhasilan studi dan menghadirkan narasumber-narasumber ahli dalam bidangnya. Hal ini juga sebagai upaya program studi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian yang mampu memberikan solusi terhadap pendidikan di sekolah dasar, sehingga dapat mengoptimalkan peran kampus pada tri dharma pendidikan.

Comments

More Posts You May Find Interesting